Mendulang Berkah, Jangan Sepelekan Ucapan Basmallah Ya

basmallah

Iqrometro.co.id, Kawan-kawan, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam kondisi keimanan terbaik ya, Amin. Seperti dalam judul kita kali ini dan semoga kita bisa mengambil pelajaran dalam tulisan kali ini yaitu soal ucapan Basmallah ketika memulai setiap kegiatan dan jangan meremehkannya.

Ucapan yang simpel dan sangat mudah, kamu juga tentu sudah sangat hapal bahkan kamu sendiri insyaallah selalu melafadzkannya kan? Bismillahirrahmaanirrahiim, ya ucapan yang sangat mudah. Ucapan yang sangat baik ketika memulai suatu langkah, agar setiap yang kita kerjakan isinya berkah, dan Allah Ta’ala akan melindungi kita serta memberikan hidayahNya.

Sayyid Quthub dalam kitabnya yang terkenal, Fi Zhilalil Qur’an menyebutkan soal ucapan Basmallah ini, dia mengatakan, “Cacatlah amalan orang yang beriman, tanpa dimulai dengan basmallah.” Nah, sepenting itulah ucapan basmallah bagi seorang muslim kala akan melakukan kebaikan dalam setiap langkahnya Sobat.

Bahkan nih Sobat, biar tambah yakin. Memulai aktifitas dengan mengucapkan Basmallah merupakan aktifitas sakral, dimana nama Allah menjadi awal perbuatan seseorang sehingga pastinya Allah akan membimbing langkahnya. Ucapan basmallah juga merupakan bimbingan pertama yang berupa wahyu Allah Ta’ala ketika wahyu pertama kali turun lho. Iqra’ bismi Rabbika (Bacalah dengan nama Tuhanmu), menjadi perintah Allah kepada Nabi-Nya dan hamba-hambaNya untuk membaca ilmu dan memulai setiap aktivitas dengan Basmallah.

Nah, tambah yakin kan agar kita juga semangat nih mengucapkan basmallah ketika melakukan kegiatan sehari-hari kita Sobat.

Setiap hal kecil pun, tentu bernilai dan dicatat oleh Malaikat Sobat. Termasuk jangan meremehkan ucapan basmallah ya. Kita selalu berharap nih, jika kita meninggal kelak dalam keadaan sedang melakukan ibadah kebaikan dan sudah mengucapkan basmallah. M. Quraish Shihab dalam kita tafsirnya menyimpulkan bahwa ucapan basmallah merupakan pesan pertama Allah Ta’ala kepada manusia.

Pesan agar manusia memulai kegiatannya apapun itu dengan mengucapkan bismilla, dengan nama Allah swt. Kalau kita sudah mengucapkan Basmallah, maka tentunya malu bagi kita akan melakukan dosa karena kita sudah menyebut Nama Allah yang Suci.

Semoga kita bisa mempraktekkannya ya Sobat, aamiin.

basmallah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.