Kuliner Kota Metro: Es Cincau Hijau

Tempat  dagang di 15 A Kota Metro dekat koramil kota Metro. Bahan  yang di butuhkan untuk membuat es cincau adalah: daun cincau, gula aren asli, santan kelapa, air putih, susu, es batu. Alat yang digunakan untuk membuat es cincau adalah panci, sendok, gelas, mangkok, baskom, saringan, sedangkan modal yang diperlukan untuk membuat es cincau kurang lebih Rp. 150.000 per hari.

Cara membuat es cincau adalah: 1. Letakkan daun cincau ke dalam baskom, lalu campurkan dengan air putih secukupnya kemudian remas-remas menggunakan tangan hingga airnya mengental, setelah mengental saring air cincau menggunakan saringan, lalu diamkan selama semalam agar air cincau menjadi padat. Lalu kemudian siapkan parutan kelapa untuk membuat santan, lalu campur parutan kelapa dengan air putih secukupnya, lalu aduk menggunakan tangan hingga warnanya menjadi putih kental. Kemudian saring kedalam panci,lalu rebus hingga mendidih kurang lebih 20 menit. Sambil menunggu, tuangkan gula aren asli yang masi utuh kedalam panci,lalu panaskan hingga gula aren asli mencair. Setelah semua siap,es cincau bisa di nikmati,yaitu mencampurkan secukupnya santan,gula aren asli,cincau,es batu,kemudian susu kedalam satu gelas air,  kurang lebih 1 jam untuk menyiapkan bahannya.
Harga 1 gelas es cincau adalah Rp. 5000,00, es cincau cincau asli dengan campuran susu. Jam membuka dagangan pukul 10.00 sampai 16.00. Usaha ini memiliki 2 orang pegawai dengan  gaji yang diberikan kepada karyawan adalah berdasarkan banyaknya es cincau yang terjual,jadi tidak menentu. Keuntungan yang didapatkan dalam sehari kurang lebih Rp. 100.000, dengan kurang lebih 20 orang perhari. Usaha es cincau ini milik sendiri (Ibu Asiyah dan bapak Erwin), dan berdagang sudah sejak 2013.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply