Kuliner Kota Metro: Bakso Pangki Pak Poniran (Mamang)

BAKSO PANGKI

Kalau ngomongin soal bakso sih di Metro banyak orang penjual bakso. Mulai dari bakso urat, bakso telor, bakso mercon sampek bakso beranak sekalipun. Memang unik-unik nama bakso saat ini agar bisa menarik perhatian konsumen/pembeli. Dari sekian nama bakso di atas harganya pun terjangkau, mulai dari Rp8.000 sampai yang termahal Rp 60.000. Tapi biasanya konsumen lebih memilih harga bakso yang murah tetapi halal. Dan saat ini ada alternatifnya, yaitu bakso dengan harga mulai dari Rp 2.000 dijamin enak dan halal yaitu yang diberi nama BAKSO PANGKI.
Nama penjual bakso ini Bp.Poniran, yang biasa dipanggil pembeli Mamang. dan alamatnya Jl. Dewi Sartika, 29 Banjarsari, Metro.
Usaha baksonya ini menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Awalnya mamang cuma bekerja di tempat orang lain. Tapi setelah Mamang bisa membuat bakso sendiri, maka Mamang mencoba untuk membuat bakso sendiri dan menjualnya sendiri. Alhasil bakso bikinan Mamang sangatlah laku di kalangan masyarakat. Karena selain halal dan rasanya enak, harganya pun cukup terjangkau untuk masyarakat terutama untuk anak-anak sekolah.
Biasanya mamang menjual baksonya dengan berkeliling atau biasanya juga Mamang mangkal di sekolah-sekolah, seperti Sekolah Dasar Negeri 2 Metro, dan SD Negeri 1, dll.
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bakso Pangki adalah: terigu, ayam, aci, royco, micin, garam, bawang goreng, lada. Cara pembuatannya yaitu: giling daging ayam, kemudian campur daging ayam yang sudah digiling dengan tepung terigu dan aci secukupnya, lalu tambahkan bumbu-bumbu pelengkap lainnya dan masukkan garam secukupnya, lalu lumatkan menjadi satu hingga adonan kalis, setelah itu bentuk bulat-bulat dan masukkan kedalam air mendidih. Cara penyajiannya: siapkan mangkuk, sajikan mie bihun/mie jagung, taburi toge,daun bawang/sledri, serta daun bawang, lalu kasih kecap dan saus sesuai selera, serta jangan lupa sambalnya. Setelah itu sajikan bakso diatasnya dan siram dengan kuah bakso. Dan bakso pun siap di hidangkan.
Mamang mulai berangkat berdagang mulai pukul 08.00 sampai dagangan habis. Untuk harga cukup terjangkau, dengan omsetnya perhari Rp100.000 sampai Rp300.000.
Mari menikmati bakso Mamang yang sangat lezat ini jangan sampek ketinggalan lho, apalagi sampek kehabisan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply