POSESIF DALAM PRESTASI BELAJAR

Arti posesif dalam kamus bahasa Inggris adalah; Possessive: Having or showing a desire to control or dominate. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia secara umum berarti Posesif adalah suatu sikap yang dipunyai atau ditunjukkan untuk mengontrol atau mendominasi sesuatu atau seseorang. Atau bisa juga diartikan sebagai sebuah sikap membatasi ruang gerak pasangan dan juga merasa bahwa pasangan adalah “miliknya” sendiri, mencintai pasangan terlalu berlebihan sehingga sehingga memiliki perasaan takut kehilangan. Contoh perbuatan konkretnya: melarang pasangan untuk memiliki teman cowok, mewajibkan pasangan untuk melapor kegiatan sehari-hari dan banyak lagi. Dan pada tingkatan yang paling parah, seseorang yang posesif bisa sampai melukai pasangannya dengan alasan yang tidak masuk akal.
Prestasi Belajar
Pengertian prestasi belajar
Pengertian prestasi belajar adalah “…hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan belajar yang umumnya meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap baru yang diharapkan tercapai oleh siswa” (Oemar Hamalik, 2003: 73). Sedangkan menurut Mohamad Ali bahwa secara umum belajar dapat diartikan sebagai proses perubahan-perubahan prilaku, akibat interaksi individu dengan lingkungan (Mohamad Ali, 2000: 17).
Dari pendapat di atas berarti bahwa prestasi belajar adalah sebagai hasil evaluasi guru terhadap muridnya setelah pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam kurun waktu yang ditentukan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar
Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar digolongkan menjadi 3 macam yaitu : Faktor-faktor stimuli belajar yaitu segala hal di luar individu itu untuk mengadakan reaksi atau perbuatan belajar. Dengan demikian faktor stimuli merupakan faktor yang ada di luar individu dalam hal ini stimuli mencakup mental, penegasan, serta suasana lingkungan eksternal yang harus diterima atau dipelajari oleh pelajar; Faktor-faktor metode belajar yaitu metode mengajar yang dipakai oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Metode mengajar guru sangat mempengaruhi metode belajar yang dipakai oleh pelajar. Dengan kata lain, metode yang dipakai oleh guru menimbulkan perbedaan yang berarti bagi proses belajar; Faktor-faktor individual sangat besar pengaruhnya terhadap belajar seseorang. Faktor individual adalah faktor yang ada pada diri individual itu sendiri.
Yang termasuk kedalam faktor individual antara lain: “Faktor kematangan/ pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi ,lingkungan dan faktor pribadi”. (Ngalim Purwanto, 2004: 102). Dari ketiga faktor yang dihadirkan faktor stimulasi belajar yang berkenaan dengan lingkungan belajar. Dalam hal ini peneliti berpendapat bahwa latar belakang lingkungan belajar sangat berperan dalam pencapaian prestasi belajar siswa sebelumnya.
Posesif dalam Prestasi Belajar
Pandangan seseorang terhadap kata posesif terlalu negatif. Hal itu sering digunakan dalam bahasa yang berkonotasi negatif. Karena biasanya seseorang yang memiliki sifat posesif akan dianggap negatif di masyarakat. Terutama di kaum muda, kata posesif merupakan hal yang dapat diartikan kurang baik. Misalnya jika anak muda mempunyai pasangan yang posesif, maka pasangan anak tersebut akan dianggap kurang baik hubungannya dengan yang lain.
Dalam hal ini penulis akan berfikir lebih jauh mengenai kebaikan kata posesif jika dikembangkan dalam dunia pendidikan. Karena jika ditilik dari maknanya kata posesif ini akan sangat bagus dikembangkan pada peserta didik. Jika seorang peserta didik memiliki sifat posesif dalam hal prestasi belajar, maka peserta didik akan lebih terpacu untuk mempertahankan prestasi belajarnya. Akan tetapi perlu diperhatikan dalam hal ini, ini hanya bisa dikembangkan pada peserta didik yang memiliki prestasi belajar yang baik.
Bagi peserta didik yang memiliki prestasi belajar yang baik, maka sangat disarankan untuk dikembangkan sifat posesifnya terhadap prestasi tersebut. Seorang peserta didik yang memiliki sifat posesif dalam hal prestasi belajar maka dia akan selalu menjaga prestasinya agar tidak dapat diambil oleh peserta didik lain. Posesif yang baik adalah suatu sifat yang baik yang bisa dikembangkan di dunia pendidikan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply