Pengantar Fiqh Ibadah

Orang yang beriman disebut mukmin. Sedangkan seorang mukmin yang telah melakukan ibadah dan muamalah disebut muslim. Seseorang mukmin belum dapat disebut muslim apabila dia belum melaksanakan ibadah, baik ibadah mahdhah maupun ibadah gairu madhah. Keimanan dan keislaman seseorang harus dilengkapi dengan ibadah dalam rukun Islam yaitu syahadat, shlat, zakat, puasa dan haji. Keimanan kepada Allah menyebabkan keiman kepada malaikat, Allah, kitab-kitab Allah, Rasul-rasul Allah, hari kiamat dan qadha dan qadar Allah. Iman yang baik dan benar harus diwujudkan dalam amaliyah yang sesuai hukum-hukum Allah. Dengan keimanan seseorang akan tunduk dan patuh kepada aturan-aturan Allah. Dengan demikian sesungguhnyalah sangat erat hubungan dan saling mempengaruhi antara iman dengan ibadah kepada Allah SWT.  Untuk membentuk pribadi yang bermoral harus dibentengi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah,  yang dimulai dari lingkungan keluarga dan dilakukan sedini mungkin sesuai tingkat perkembangan kemampuan anak. Kepribadian dalam Islam adalah ketakwaan, maka setiap proses pembentukan kepribadian menuju kepada takwa kepada Allah SWT. Takwa disini dimaksud meliputi keimanan kepada Allah, ibadah kepada Allah dan berhubungan sesama manusia dan lingkungannya, termasuk kemasyarakatan dan kenegaraan.

Dukungan dari berbagai pihak, penulis sampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk menyelesaikan tulisan dengan berjudul ”Pengantar Fiqih Ibadah“. Tulisan ini memang masih belum sempurna, tetapi setidaknya telah memberikan kontribusi bagi pihak-pihak yang memiliki perhatian dan sudut pandang yang sama dalam melihan perkembangan bagi khasanah perkembangan ilmu keagamaan di lingkungan sekitar kita.

Kritik dan saran yang konstruktif, akan menjadikan kita semakin kuat dan berkualitas, oleh karenanya mari kita  saling berbagai dalam kebaikan, terimakasih

Penulis: Nency Dela Oktora, M.Sy

Editor:

Nurul Mahmudah, M.H

Sampul dan Tata Letak: Tim CV. IQRO’

Cetakan Pertama, 2022

33 cm X 21 cm

80 halaman

Hak cipta dilindungi oleh Undang-Undang All Right Reserved

Harga Buku Rp. 35.000,-

TOP