Budidaya Tanaman Tin Desa Srisawahan Punggur

Tanaman tin adalah tanaman berbuah yang berasal dari arab, kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Pohon tin tidak dapat hidup di daerah yang beriklim dingin seperti kutub, karena tanaman ini membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung. Di Indonesia tanaman tin belum banyak yang membudidayakannya. Salah satu tempat yang membudidayakan tanaman tin adalah desa Srisawahan Kecamatan Punggur. Tanaman ini dibudidayakan oleh ibu Nur dan suaminya pak Tata. Ibu Nur adalah seorang bidan. Beliau membudidayakan tanaman tin ini karena mengetahui banyak manfaat yang terdapat dalam buah tin bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah tin mengandung banyak nutrisi dan kaya akan gizi apabila dikonsumsi.
Budidaya tanaman tin dilakukan di halaman rumah ibu Nur. Pohon tin ditanam menggunakan media polybag yang disusun dengan jarak yang sama. Polybag diisi campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Sebelum ditanami, polybag didiamkan selama 2 minggu. Memilih bibit pohon tin jangan yang batangnya terlalu kecil. Tanaman tin harus terkena sinar matahari secara langsung untuk membantu pertumbuhannya agar cepat berbuah. Pohon tin menyukai tanah yang kering, maka penyiramannya pun hanya secukupnya. Untuk pemupukan pohon tin dapat dilakukan ketika umur pohon telah mencapai 4 bulan. Daun-daun yang mengering atau menguning harus digunting agar tidak mengganggu. Masa panen dapat dilakukan saat tanaman berusia 4-5 bulan. Tanaman tin adalah tanaman yang produktif karena tidak mengenal musim dan akan terus berbuah serta tidak memiliki bunga.
Daun dari tanaman tin diolah menjadi teh oleh ibu Nur. Teh daun tin ini bermanfaat mengontrol tekanan darah, menjaga gula darah darah, asam urat dan dapat digunakan untuk diet. Selain itu mengonsumsi teh daun tin atau buah tin juga dapat mengurangi resiko kanker atau tumor. Lalu untuk buahnya sendiri bisa diolah menjadi manisan kemudian dipasarkan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply