ANALISIS MENGGUNAKAN METODE GLENN DOLMAN DALAM BELAJAR MEMBACA

Oleh: AGUS SAPUTRA (Aktivis Pendidikan Kota Metro)

Membaca merupakan hal yang penting dan utama bagi siswa karena keberhasilan belajar siswa tergantung pada seberapa besar kemampuan siswa dalam membaca. Jika kemampuan siswa dalam membaca sangat rendah, maka siswa akan mengalami kegagalan di dalam belajar dan sulit untuk maju. Hal ini disebabkan karena siswa merasa membaca adalah hal yang membosankan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode Glenn Dolman untuk mengatasi masalah tersebut, Metode ini menggunakan Glenn Dolman flashcard sebagai media.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan metode Dolman Glenn. Dalam penelitian ini peneliti memberikan test berupa pre-test untuk mengetahui hasil siswa dalam kemampuan membaca dan post-test untuk mengetahui hasil kemampuan membaca siswa setelah menggunakan metode Glenn Dolman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Namun peneliti hanya mengambil 12 siswa sebagai sampel di kelas 5 sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil observasi, siswa masih memiliki kesulitan dalam membaca yang dinilai berdasarkan 3 aspek indikator yaitu akurasi, kelancaran dan intonasi. Namun hal tersebut dapat diatasi setelah penulis menerapkan metode Glenn Dolman sehingga siswa merasa lebih tertarik dan menyukai aktivitas dalam membaca. Selanjutnya,terjadi peningkatan yang efektif pada nilai pre-test dan post-test siswa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pre-test siswa rendah dan meningkat ketika post-test, begitu pula jumlah siswa yang lulus dalam pre-test menjadi meningkat dalam post-test. Hal ini berarti bahwa penggunakan metode Glenn Dolman sangat tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan metode Glenn Dolman dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply