Wiraswasta Muda Lampung Tengah

SAATNYA YANG MUDA BERWIRASWASTA
Berwiraswasta bagi anak muda merupakan sebuah kegiatan yang positif. Seperti yang dilakukan oleh Miftakhul, seorang pemuda berusia 21 tahun yang berwiraswasta dengan membuat usaha kolam. Mifta tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan memilih untuk berwiraswasta. Hasil yang didapatkan dari usahanya tersebut cukup besar. Ia memiliki 20 kolam yang berisi ikan untuk konsumsi maupun benih. Untuk kolam yang berisi benih ikan ada 11 kolam dan untuk ikan konsumsi ada 9 kolam. Jenis ikan yang dipelihara yaitu lele, nila, gurami dan patin.
Waktu pemanenan untuk ikan yang konsumsi selama 2,5 bulan dan untuk benih ikannya membutuhkan waktu antara 40 sampai 45 hari. Pembenihan ikan dilakukan sendiri oleh Mifta di kolam yang berbeda. Telur ikan akan menetas dalam waktu 14 jam. Setelah 17 hari akan dilakukan penyortiran untuk memilih benih yang unggul. Pensortiran dilakukan menggunakan bak yang berlubang. Benih ikan dijual dengan hitungan per gelas. Ukuran gelas yang digunakan seperti gelas air mineral. Harga benih ikan berkisar antara 12-20 rb/ gelas. Sedangkan harga untuk ikan konsumsi seperti lele adalah 15rb, tapi harga tersebut tidak tetap dan berubah mengikuti harga pasaran.
Saat panen untuk ikan konsumsi khusus untuk ikan lele biasanya menghasilkan sekitar 3 ton. Hasil panen diambil langsung oleh para pedagang. Masyarakat sekitar juga biasanya membelinya. Mifta juga mengajarkan cara-cara membudidayakan ikan kepada teman atau siapapun yang ingin belajar berwiraswasta seperti dirinya. Teman-temannya biasanya datang ke rumahnya untuk belajar.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

4 Responses

Leave a Reply