Rumah Makan Banyuwangi Mbah Yah: Lampung Tengah

SOTO FAVORIT GAYA BARU II
RUMAH MAKAN BANYUWANGI MBAK YAH

Mbak Yah adalah pemilik salah satu rumah makan yang menjadi favorit di desa Gaya Baru II. Rumah makan ini didirikan pada tahun 1993. Dengan bangunan yang masih belum permanen dan menu yang masih sedikit. Pada masa itu, rumah makan ini menyediakan soto, gulai dan pecel ulek.
Soto yang dibuat oleh tangan ajaib wanita asli Banyuwangi ini digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Termasuk diantaranya adalah, anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan guru-guru dan kepala sekolah pun menjadikan soto Mbak Yah sebagai makanan favorit.
Hingga pada tahun 2005, rumah makan Mbak Yah mulai direnovasi. “Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu dan banyak yang menggemari masakan saya, saya bisa sedikit demi sedikit membangun rumah makan saya menjadi permanen. Setidaknya ora gribik meneh, uwis permanen.” Katanya dengan logat Jawanya yang kental.
Wanita paruh baya ini semakin mengembangkan masakannya dengan terus melekatkan kekhasan rasa masakannya yaitu dengan rasa khas masakan Jawa. Mbak Yah pun menambahkan menu makanannya seperti sayur ayam, ayam bakar, ayam goreng, ikan bakar, ikan goreng, sate, dan mengganti menu pecel ulek dengan pecel lele, pastinya juga soto dan gulai yang masih terkenal dan menjadi favorit.
Cara membuat soto:
• Bumbu yang dihaluskan: Kunyit, Kemiri, Jahe, Bawang merah, Bawang putih, Merica, dan Garam
• Bahan: Ayam utuh, Kol, Tauge, Sohun, Air, Bawang goreng, dan Seledri
• Bumbu: Daun jeruk, Serai, Daun salam, Daun bawang, Lengkuas, Minyak goreng
• Cara membuat kuah soto:
 Tumis bumbu yang telah dihaluskan.
 Bersihkan ayam utuh.
 Rebus ayam di dalam panci bersama dengan bumbu yang sudah ditumis, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan daun serai sampai daging empuk.
 Pisahkan daging dan tulang.
 Masukan kembali tulang ke dalam kuah di panci.
 Masukan irisan daun bawang.
• Penyajian:
 Siapkan mangkuk.
 Letakkan sohun, tauge, irisan seledri, kol, bawang goreng dan daging ayam yang sudah digoreng dan disuwir-suwir.
 Siram kuah soto yang mendidih ke dalam mangkuk.
 Sajikan dengan kecap manis.
 Soto siap untuk disajikan.
Rumah Makan Banyuwangi Mbak Yah terletak di belakang Bank BRI tepatnya di Jl. Pendidikan RT/RW 01/01 Desa Gaya Baru II, Kecamatan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.
Rumah Makan Banyuwangi Mbak Yah menyediakan:
 Soto
 Sate
 Gulai
 Ayam sayur
 Ayam bakar
 Ayam goreng
 Ikan bakar
 Ikan goreng
Juga menyediakan berbagai minuman:
 Es teh
 Es jeruk
 Kopi
 Kopi susu
Sampai sekarang Rumah Makan Banyuwangi Mbak Yah masih tetap eksis, digemari dan dijadikan tempat favorit untuk mencicipi banyak kuliner. “Saya berharap rumah makan ini akan terus eksis hingga waktu yang lama dan bisa diturunkan kepada cucu-cucu saya nantinya.” Harapan Mbak Yah dengan benar-benar berharap bahwa keturunannya akan meneruskan apa yang telah dirintisnya bertahun-tahun lamanya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply