Rengginang Jumbo Bu Rustiyah: Lampung Timur

Rengginang Jumbo
Rengginang merupakan makanan camilan yang renyah dan gurih, biasanya rengginang ini dijadikan camilan bahkan kudapan saat minum teh maupun kopi. Berbicara tentang rengginang, saat ini rengginang sudah banyak digemari dikalangan masyarakat pada umumnya. Saat ini rengginang menjadi bingkisan buah tangan bagi sanak saudara yang jauh, karena mudah dan praktis, sebab rengginang ini tanpa tambahan bahan pengawet bisa bertahan sampai 1 bulan lamanya.
Salah satu yang saat ini memproduksi rengginang, yang dapat kita jumpai adalah di desa Balekencono dusun Sendang Mulyo Kecamatan Batanghari Lampung Timur, rengginang ibu Rustiyah ini selain memiliki tekstur yang renyah, dan rasa yang gurih, ukurannya pun lebih besar dari pada rengginang produksi lainya, setelah digoreng ukurannya berubah dari bentuk sebelumnya.
Cara memproduksinya pun masih sederhana, pertama beras ketan direndam selama kurang lebih 2 jam, tujuanya supaya tidak keras pada saat pencetakan, selanjutnya beras ketan dikukus sampai setengah matang, setelah proses pengukusan beras ketan diangkat dan dicuci, setelah bersih kemudian diberi garam secukupnya supaya rasanya gurih, setelah itu dikukus kembali sampai beras ketan matang kemudian diangkat dan mulai pencetakan.
Pencetakan dilakukan pada saat ketan masih panas karena jika ketan sudah dingin maka susah untuk diolah, setelah proses pencetakan selesai maka dijemur sampai kering sehingga menjadi rengginang, apabila cuaca sedang cerah maka rengginang kering dalam sehari, namun apabila cuaca kurang mendukung rengginang kering 2 sampai 3 hari. Dalam sehari Ibu Rustiyah memproduksi 10 sampai 11 kg beras ketan putih maupun hitam untuk diolah menjadi sebuah rengginang.
Ibu Rustiyah memulai produksi rengginang 20 tahun (1997) yang lalu sampai saat ini, beliau menjual rengginang hasil produksinya per 1 kg rengginang dengan harga 17.500 untuk rengginang berwarna putih, dan untuk rengginang berwarna hitam beliau menjual dengan harga 18.000 per 1 kg. Tempat pemasaranya ialah di pasar templek 48 desa Balekencono, naah… mungkin bagi yang penasaran bisa langsung datang dan membeli untuk bingkisan bagi sanak saudara yang dekat maupun jauh, karena selain murah, juga tanpa tambahan bahan pengawet, jadi dijamin sehat.. !!!

Proses Pembuatan Rengginang

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply