Ternak Lampung Tengah: Ternak Sapi Bapak Rohmat

USAHA TERNAK SAPI, di Desa Ngestirahayu Kecamatan Punggur Dusun 1 Bumirejo
Secara umum desa ini sangat berpotensi untuk berternak sapi karena tersedia pakan yang sangat melimpah, karena sebagian besar penduduk Desa Bumirejo ini adalah bekerja sebagai petani di sawah, setelah mereka bekerja di sawah biasanya mereka juga pulang sambil membawa rumput untuk pakan sapi.
Di Desa Bumirejo ini ada salah satu peternak sapi yang kemudian untuk usaha jual beli sapi, yaitu bapak Rohmat. Beliau sudah lama berkecimpung di dalam usaha jual beli sapi, sejak tahun 2000 beliau mengawali bisnisnya dalam beternak sapi. Dari mulai sapi yang berumur masih muda hingga sapi yang sudah siap untuk diternakan.
Beliau juga melayani sapi untuk siap dipotong, biasanya ada banyak pesanan orang-orang yang mengadakan pesta pernikahan. Ketika Idul Adha juga banyak sekali pesanan dari pembeli untuk daging kurban. Pada saat lebaran pun banyak pesanan daging, biasanya orang-orang yang mengikuti arisan selalu memesan daging kepada bapak Rohmat.
Bisnis ternak sapi memang salah satu usaha peternakan yang memerlukan ketelitian dan kesabaran khusus dalam menjalankannya. Tidak mudah, dikarenakan ada banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan baik dalam kandang sendiri ataupun terhadap lingkungan sekitar. Seperti salah satunya adalah kotoran sapi di mana hal ini sangat perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktifitas lain terutama aktifitas para penduduk di sekitar kandang.
Ada dua hal yang menjadi penyebab utama faktor sedikitnya masyarakat yang tertarik berusaha di bidang ternak sapi diantaranya:
1. Besarnya Modal Awal, modal awal berternak sapi membutuhkan modal yang tidak sedikit, untuk membeli satu sapi produktif membutuhkan modal minimal Rp 7.000.000,-  lain lagi biaya pembuatan kandang dan lain-lain.
2. Usaha ternak sapi memiliki resiko sangat tinggi, sebenarnya resiko yang paling menonjol dari usaha ternak sapi ini adalah resiko kematian yang menjadi momok paling menakutkan.
Untuk menghindari resiko tersebut biasanya bapak Rohmat selalu rutin membersihkan kandang sapi, dan setiap seminggu 3 kali selalu diberi suntik vitamin agar tidak terkena penyakit yang berbahaya. Selain itu juga bapak Rohmat selalu memperhatikan pola makan yang diberikan untuk sapi-sapi nya. Biasanya jika pada pagi hari diberi pakan rumput dan ketika siang deberi pakan onggok yang dicampur oleh sentrat.
Jika ditanya mengenai hasil dari jual beli sapi ini, setiap bulan bapak Rohmat bisa meraih untung sekitar 20.000.000. Penduduk Desa Bumirejo sangat banyak yang memelihara sapi, karena ekonomi mereka bisa lebih terbantu dengan adanya memelihara sapi.
Bapak Rohmat juga membantu para tetangga agar mereka bisa ikut untuk memelihara sapi, mereka diberi sapi yang kemudian untungnya dibagi dua.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply