Buku Pendidikan Kota Metro: Konsep Pendidikan Karakter Upaya Menanggulangi Radikalisme

Buku Karya: Drs. Hanwar Priyo Handoko

Penerbit: CV. IQRO

ISBN: 978-602-60004-0-8

e-mail: team.iqrometro.co.id

Alamat: JL. Jend. A. Yani No. 157 15A Metro-Lampung 34111

Contact Person: 081379404918

………………Untuk mendapatkan pengertian pendidikan secara jelas terlebih dahulu perlu dipahami pengertian pendidikan secara umum.
Menurut Armei Arief “Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dan jelas memiliki tujuan, sehingga diharapkan dalam penerapannya ia tak kehilangan arah dan pijakan”.
Sedangkan pendidikan menurut Marimba adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap pertumbuhan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Dari beberapa pendapat para ahli pendidikan di atas, dapat diambil suatu pengertian bahwa pendidikan adalah suatu proses penanaman nilai-nilai yang disengaja dan disadari untuk menolong anak didik agar dapat berkembang (dewasa) secara jasmani, akal dan akhlaknya. Sehingga mencapai tujuan sebagai manusia yang berkualitas, baik selaku individu maupun dalam kehidupan masyarakat.
Kemudian menurut undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan Nasional Bab II pasal 3 yang berbunyi: Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dengan demikian jelaslah bahwa pendidikan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga penyelenggaraan harus mampu melakukan pengembangan segala bidang, baik intelektualitas maupun spiritual (kecerdasan beragama). Karena pendidikan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup dan kehidupan umat manusia dan merupakan proses yang tiada akhir untuk memperolehnya.
Dalam konteks dunia Islam, istilah pendidikan lebih banyak dikenal dengan menggunakan: Al-Ta’lim, Al-Tarbiyah dan Al-Ta’dib. Kata Al-Ta’lim merupakan masdar dari kata dlama, yang berarti pengajaran yang bersifat pemberian atau penyampaian pengetahuan, pengertian dan keterampilan. Kata Al-Tarbiyah merupakan masdar dari kata rabba yang berarti mengasuh, mendidik dan memelihara. Sedangkan kata Al-Tadib merupakan masdar dari kata addaba, yang diartikan pada proses mendidik yang lebih tertuju pada pembinaan dan penyempurnaan akhlak atau budi pekerti peserta didik, orientasi kata al-Qur’an. Al-Ta’dib lebih terfokus kepada upaya pembentukan pribadi muslim yang berakhlak mulia.
Berdasarkan beberapa istilah tersebut (Al-Ta’lim, Al-Tarbiyah dan Al-Ta’dib) para ahli Pendidikan Islam mencoba definisi Pendidikan Islam sebagai berikut :
M. Arifin menyatakan bahwa Pendidikan Islam adalah “Usaha orang dewasa muslim yang bertaqwa secara sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan dan perkembangan fitrah (kemampuan dasar) anak didik melalui aturan Islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya”.
Hal tersebut di atas semakna dengan yang diungkap oleh Bukhari Umar bahwa “Pendidikan Islam adalah proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri anak didik melalui penumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya” .
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam konsep pendidikan karakter di sekolah:
a. Pendidikan akal dan persiapan pikiran.
b. Menumbuhkan potensi dan bakat-bakat asal anak didik.
c. Menaruh perhatian pada kekuatan dan potensi generasi muda dan mendidik mereka sebaik laki-laki maupun perempuan.
d. Mengenalkan anak didik akan perananya diantara sesama (makhluk) dan tanggung jawab pribadinya di dalam hidup ini.
e. Mengenalkan anak didik akan interaksi sosial dan tanggung jawabnya dalam tata hidup bermasyarakat.
f. Mengenalkan anak didik akan alam ini dan mengajar mereka untuk mengetahui hikmah diciptakannya serta memberikan kemungkinan kepada mereka untuk mengambil manfaat dari alam tersebut.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

130 Responses

Leave a Reply