“Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual” adalah sebuah panduan yang mendalam dan berharga bagi para pendidik yang ingin memperkaya pendekatan pengajaran mereka dengan memahami konteks siswa dan lingkungan belajar. Ditulis oleh Hernowo, seorang ahli pendidikan yang berpengalaman, buku ini menyajikan konsep-konsep pendidikan kontekstual dengan cara yang jelas dan praktis.
Salah satu aspek yang menonjol dari buku ini adalah fokusnya pada pemahaman mendalam tentang siswa dan lingkungan belajar mereka. Hernowo membahas tentang pentingnya mengakomodasi kebutuhan dan keunikan setiap siswa dalam proses pembelajaran, serta bagaimana menggunakan pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam dan relevan.
Buku ini juga menawarkan berbagai strategi dan teknik praktis tentang bagaimana menerapkan pendekatan kontekstual dalam pengajaran. Hernowo memberikan contoh-contoh nyata dan skenario-skenario yang memperkuat pemahaman pembaca tentang konsep-konsep yang dibahas, serta memberikan tips tentang bagaimana merancang pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa.
Selain itu, “Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual” juga menyajikan sudut pandang yang inspiratif tentang peran guru sebagai fasilitator pembelajaran yang kreatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Hernowo mengajak pembaca untuk merenungkan praktik-praktik pengajaran mereka dan untuk terus berkembang dalam menyempurnakan keterampilan mengajar mereka.
Secara keseluruhan, buku ini adalah bacaan yang sangat bermanfaat bagi para pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pengajaran mereka dengan memahami dan menerapkan pendekatan kontekstual. Hernowo berhasil menyajikan konsep-konsep yang kompleks dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami, serta memberikan wawasan yang mendalam tentang peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, relevan, dan berdaya guna.