Warung Makan Mbah Marmi: Punggur-Lampung Tengah

Sumarmi adalah nama pemilik salah satu warung makan sederhana yang berada di desa Astomulyo dusun 10 atau lebih dikenal dengan nama desa Camas. Terletak 7 km dari Pasar Punggur, desa Camas termasuk dalam kecamatan Punggur dan merupakan desa terkecil se-kecamatan Punggur. Sudah sekitar 15 tahun lalu Warung Mbah Marmi berdiri di tengah desa Camas, dengan jenis dan ragam makanan yang dijual pun semakin bertambah seiring dengan perkembangan zaman. Meski tetap sederhana, Warung Makan Mbah Marmi masih tetap eksis di kalangan pemuda, orang tua serta anak-anak di desa Camas kecamatan Punggur.
Sekarang umur Mbah Marmi sudah menginjak angka 50 tahun. Dibantu anak bungsunya, Mbah Marmi (sapaan Ibu SUMARMI) menjajakan makanan hasil olahan sendiri. Berupa Nasi Soto, Pecel atau Lontong Pecel, Es Cendol, Gorengan dan juga snack-snack pasar lainnya. Mbah Marmi mulai membuka warungnya pagi pukul 9 atau 10 pagi sampai pukul 9.30 malam.
Rata-rata makanan yang dijajakan oleh Mbah Marmi sendiri tidak pernah lebih dari 10.000 rupiah harga per produk nya. Harga Soto dan pecel Mbah patok harganya hanya 5000 rupiah per porsi, atau bisa lebih jika ada tambahan porsi atau lain-lain. Gorengan 2000 rupiah dapat tiga buah sedangkan untuk Es Cendol Mbah mematok harga sekitar 1000 sampai 3000 rupiah saja.
Selain sebagai pemilik usaha Warung Makan, Mbah Marmi juga seorang Ibu rumah tangga biasa, yang mengurus semua keperluan dan kebutuhan rumah tangga.
Dengan penghasilan bersih sekitar 400.000 rupiah perbulan. Menurut beliau 400.000 ini sudah cukup untuk membantu perekonomian keluarga selama sebulan kedepan, di mana suami Mbah Marmi sendiri adalah petani, sedang anak-anak Mbah Marmi rata-rata sudah bekerja atau mandiri.
Inilah sedikit profil tentang Mbah Marmi pemilik usaha Warung Makan dari desa Camas kecamatan Punggur. Sebuah Desa kecil dimana terdapat Warung sederhana dengan cita rasa ketulusan dari pembuatnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply