Seni Kuda Lumping Desa Tulung Balak-Lampung Timur

Desa Tulung Balak yang berada di Dusun 03 Sumbersari termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Kebanyakan orang menyebut Dusun 03 Sumbersari dengan sebutan “Desa Tulung Balak”. Karya keterampilan Seni Kuda Lumping Dusun 03 Sumbersari Tulung Balak sudah ada sejak tahun 1984, yang dulunya diajarkan oleh seseorang yang terampil dalam seni kuda lumping di Jawa- Banyuwangi.
Turun temurun diajarkan oleh masyarakat sekitar Dusun 03 Sumbersari, hingga saat ini nama Seni Kuda Lumping Dusun 03 Sumbersari adalah “Ridho Sedoyo”. Yang saat ini dipimpin oleh bapak Winarno sebagai ketuanya, seluruh anggota Seni Kuda Lumping Ridho Sedoyo sekitar 20 angota. Alat-alat seni dan peralatan seni kuda lumping Dusun 03 Sumbersari terus dirawat, diperbaiki dan semakin lama semakin bertambah. Selain itu, anggotanya juga bertambah seiring berkembangnya keterampilan seni kuda lumping sampai saat ini bertambah bagus. Peminat tari seni kuda lumping dari para remajanya semakin lama semakin bertambah, dari mulai anak Sekolah Dasar sampai dengan orang tua.

Semua yang latihan seni karya kuda lumping, berlatih setiap satu minggu sekali di malam Kamis di rumah bapak Kadir bersama-sama dengan semangat yang sangat antusias. Karya Seni Tari Kuda Lumping Dusun 03 Sumbersari Tulung Balak sangat bagus. Dari yang menari kuda lumping hingga musik dan yang lain-lainnya.Oleh karena itu, peminat yang menonton seni tari kuda lumping ridho sedoyopun bertambah banyak, dari masyarakat sekitar Kecamatan Batanghari Nuban-Lampung Timur hingga Kotagajah-Lampung Tengah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply