Permainan Anak Metro: Melihat Tuyul

Menurut Islam, asal usul tuyul diketahui merupakan penemuan Azazil, putra iblis yang sangat cakap dalam hal penelitian. Azazil, dengan memanfaatkan penjelasan Al-Qur’an, telah berhasil menciptakan tuyul sebagai anak buah barunya. Tuyul ciptaan Azazil ini berasal dari segumpal darah atau segenggam daging, hasil dari aborsi anak-anak manusia yang penuh dosa. Janin yang belum memiliki roh ini, kemudian diisi oleh para jin dan syetan dari kelompok Azazil untuk menyasarkan orang-orang yang mengalami masalah ekonomi. Kita semua mungkin mengenal akan tuyul. Tuyul merupakan makhlus halus berupa anak kecil yang suka mencuri uang.
Bagi anak-anak Kota Metro ada satu permainan tradisional yang bernuansa magis dan mistis. Permainan ini menyerupai uji nyali bagi pemainnya. Bagi yang ingin bermain permainan ini mereka harus menyediakan air yang sumbernya dari tujuh sumur yang berbeda, serta bunga tujuh taman (bunga yang berbagai macam jenisnya). Setelah itu salah satu dari penguji nyali menyediakan sebuah wadah air berbahan besi atau alumunium dan juga menyediakan lampu ublik (lentera yang terbuat dari sumbu kompor dan berbahan bakar minyak tanah) atau sejenisnya.
Pada permainan ini anak yang akan diuji nyalinya untuk melihat tuyul diwajibkan menggunakan pakaian rapi dan menggunakan kain sarung untuk bagian bawah tubuhnya. Sedangkan untuk anak yang akan menguji nyali mulai menghidupkan ublik kemudian mencampurkan air dan kembang tujuh rupa yang disyaratkan tadi ke dalam wadah air yang telah disediakan. Kemudian membakar wadah tersebut menggunakan ublik yang telah disediakan tadi. Setelah wadah air terbakar beberapa menit, kemudian mematikan api yang menyala pada ublik tadi. Setelah itu kemudian menyuruh anak yang diuji nyalinya untuk mengusapkan tanganya ke bagian bawah wadah air yang dibakar tadi. Kemudian mengusapkannya ke wajah mereka secara berulang-ulang. Setelah beberapa saat kemudian akan muncul si tuyul yang telah dinanti-nanti tadi.
Semua ini hanyalah permainan belaka, sesungguhnya tidak ada unsur magis sama sekali dalam permainan ini. Tuyul yang muncul adalah wajah anak yang diuji nyalinya dengan rupa tercoreng-coreng, hasil dari angus wadah air yang terbakar. Tetapi anak tersebut tidak menyadarinya, dia akan menyadarinya setelah melihat wajahnya di dalam cermin.
He….he… jangan marah ya kalau main permainan ini, ini cuma guyonan belaka. Tapi asyik kan!!! Bisa ngerjain kawan kalian yang bermental berani. Heeeeeheeeee. Ayo di coba.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply