Permainan Anak Metro: Gotri ala Gotri

Jumlah anak-anak di Kota Metro berumur 0-14 tahun menurut data Badan Pusat Statistik Kota Metro adalah 15 ribu lebih. Ini menunjukkan bahwa nyamanya Kota Metro untuk menjadi wilayah nyaman untuk bermain anak. Banyak sekali fasilitas-fasilitas yang di sediakan Pemkot Metro untuk membuat anak-anak nyaman bermain. Bahkan untuk memfasilitasi anak-anak agar tidak hanya terpaku pada permainan yang terdapat pada komputer saja, tetapi juga permainan yang bisa meningkatkan nilai sosial anak di masyarakat.
Gotri ala Gotri merupakan permainan tradisional yang dimiliki anak-anak Kota Metro. Permainan ini sangat memunculkan nilai sosial pada anak, karena permainan ini dilakukan secara berkelompok oleh beberapa anak. Bahan yang digunakan pun hanya bahan-bahan dari alam yang mudah dan murah mendapatkannya. Cukup bermodalkan batu pipih yang bisa didapat dari lingkungan sekitar.
Gotri ala Gotri dimainkan secara berkelompok oleh beberapa anak. Setiap anak harus memutarkan batu berbentuk pipih. Batu tersebut akan diputar dalam lingkaran yang digambar di atas tanah menggunakan ranting. Sambil memutar batu tersebut, anak-anak menyanyikan lagu yang mereka gubah sendiri, begini bunyi lagu tersebut:
“Gotri ala Gotri jenang katul….”
“Tiwul iwal iwul jenang katul…”
“Si Gotri makan apa, makannya disuapin”
“Si Gotri minta apa, mintanya dimandiin”
Pada kata “dimandiin” batu tersebut harus berhenti. Pada posisi batu tersebut berhenti, dimana persis pada batu tersebut berhenti, maka disitulah tempat anak yang akan di beri hukuman. Hukumannya adalah menjaga batu tersebut di dalam lingkaran yang telah dibuat tadi sambil, sedangkan yang lain berlari untuk bersembunyi di tempat yang dirasa aman dari pandangan si anak yang berjaga. Anak yang diberi hukuman harus menemukan seluruh anggota yang ikut bermain, jika sudah tertangkap semua maka permainan akan dimulai dari awal kembali. Namun jika ada salah satu anak yang mampu menendang keluar batu pipih yang berada di dalam lingkaran, maka anak yang diberi hukuman tadi akan terus mendapat hukuman kembali.
Asyik kan permainannya?!! Ayo ke Kota Metro ada Gotri ala Gotri lo………

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply