Kuliner Kota Metro: Jamur Tiram Crispy

Nama pemiliknya Bapak Hariyanto, Panggilannya pak Yono, dan alamatnya di Jalan Kauman, Metro Pusat, umurnya 46 tahun. Pak Yono berjualan sejak 7 tahun yang lalu yaitu sejak 2009. Bahan yang digunakan untuk membuat jamur tiram crispy yaitu: jamur tiram, tepung terigu, tepung beras, bawang putih, telur, garam, micin, masako dan minyak goreng.
Pak Yono memilih jamur tiram karena jamur ini lah yang cocok untuk diolah seperti ini dan memiliki khasiat yang berbeda. Ada ada dua macamjamur tiram, yaitu: yang satu berwarna putih dan yang satu berwarna sedikit kehitaman. Perbedaan jamur tiram yang berwarna putih dan jamur tiram yang berwarna sedikit kehitaman adalah kalau jamur tiram yang berwarna putih memiliki kandungan air yang agak banyak dan keras, sedangkan jamur tiram yang berwarna kehitaman memiliki kandungan air yang sedikit dan tidak keras. Pak Yono mendapatkan jamur tiram yang berwarna putih n dengmembelinya di pasar tetapi kalau jamur yang berwarna sedikit kehitaman pak Yono memproduksi sendiri karena itu tidak sering dijumpai di pasar ataupun di mana saja.
Proses membuat jamur tiram crispy yaitu: Langkah pertama, kita menyiapkan bumbu, bumbunya cukup bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan lalu dicampur dengan telur dan diberi air supaya encer; yang kedua, bersihkan jamur tiram yang akan diolah; yang ke tiga, siapkan tepung; ke empat, basahi jamur dengan bumbu yang sudah disiapkan lalu tiriskan dan ditabur dengan tepung yang sudah disiapkan kemudian diayak supaya tepung yang tidak menempel di jamur rontok; dan yang terakhir masukkan ke dalam minyak panas digoreng sampai menguning dan crispy kemudian tiriskan. Menggoreng jamur tiram tidak memerlukan waktu yang lama cukup kurang lebih 5 menit itu sudah siap diangkat.
Hasil penjualan jamur tiram crispy per hari jika suasana ramai atau saat malam minggu penghasilan perhari berkisar Rp.1000.000, tapi pada saat sepi atau malam biasa penghasilan perhari sekitar Rp.700.000. Pak Yono dapat ide untuk berjualan jamur tiram crispy dari dirinya sendiri dan istrinya,sedangkan resepnya beliau mencari kurang lebih 1 tahun, sambil berjalan usaha ini sambil mencari ide supaya menghasilkan yang semaksimal mungkin. Pak Yono mulai berjualan pada jam 16.00 sampai jam 24.00. Harga jamur tiram crispy per porsinya Rp.6000. Pak Yono berjualan selain di taman beliau juga dahulu pernah berjualan di depan Bank Lampung, saat lokasi taman diperbaiki.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply