Kue Apam Pak Rizal: Kota Metro

Lokasi penjualan yaitu di deretan totoar depan pertokoan Mega Mall Metro.
Narasumber : Bapak Rizal, Seorang Pedagang Kaki Lima

Salah satu pedagang kaki lima di depan kompleks pertokoan Mega Mall Metro adalah Bapak Rizal yang sudah sekitar 6 tahun (sejak 2013) belakangan ini berjualan di area tersebut. Ketika saya bertanya mengapa Bapak Rizal memilih profesi ini, ia mengatakan bahwa beliau meneruskan usaha yang telah lebih dulu ditekuni keluarganya yaitu berjualan kue Apam. Beliau mengaku susah mencari pekerjaan sebagai karyawan kontrak atau pun tetap,sehingga beliau memilih berusaha mandiri dengan berdagang. Pak Rizal berjualan mulai jam 16.00 – jam 20.00. Beliau berjualan sendiri, sedangkan istrinya di rumah menjaga anak. Istri beliau yang menyiapkan barang dagangan dan membuat adonan, sedangkan saya bertugas menjual, soalnya kalau istrinya ikut kasian anaknya masih kecil di rumah tidak ada yang menjaga.
Di lokasi yang dipilih pak rizal tempatnya ramai orang-orang beraktifitas, pas Di depan jalan raya, bahkan orang lewat dan berlalu lalang sampai tengah malam. Modalnya pun tidak terlalu banyak, hanya untuk membeli bahan- bahan saja, seperti terigu, dan pewarna karena beliau menggunakan gas untuk mengkukus juga tidak setiap hari habis, minimal 3kg elpiji ini menggunakannya 6-10 kali dagang, paling kalau di total modalnya tidak habis sekitar Rp. 80.000. Paling tidak minimal sehari beliau dapat hampir 150.000, kadang juga bisa lebih kadang juga kurang. 
Harga kue yang dijajakan pun hanya Rp. 500.
Suka duka beliau adalah, sukanya kalau dagangan abis dari sore, jadi bisa pulang cepat dan berkumpul sama anak, kalau dukanya banyak, kadang pembeli suka mintak yang anget sedangkan kue yang sudah matang ada banyak, kan sayang kalo lama-lama dingin kalau orang tidak buru-buru biasanya gak mau beli.
Ayo Makan Kue Apam Pak Rizal, Enak Murah dan Mengenyangkan…!!!

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.