Es Doger Bu Suwarti: Kota Metro

Es Doger
Minuman es merupakan salah satu minuman yang paling banyak diminati ketika pada musim kemarau seperti saat ini, karena dapat menghilangkan dahaga dan dapat memberikan kesegaran untuk tubuh. Pada zaman sekarang ini minuman es sudah banyak ragamnya, salah satunya adalah es doger yang merupakan minuman paling diminati oleh semua kalangan karena disamping menyegarkan rasanya pun manis, dan berisi bermacam-macam toping. Sejak 4 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2013, Ibu Surwati beserta suami membuka usaha minuman es doger, lokasinya yaitu di Jl. Ki Hajar Dewantara Iring Mulyo Metro Timur. Awal mula dari usaha ini adalah ketika Ibu Surwati beserta suami berinisiatif untuk membuat minuman es yang berbeda dari yang lainnya, untuk modal awal Ibu Surwati mengeluarkan dana sekitar Rp.1.500.000,- yang digunakan untuk membeli keperluan usaha tersebut seperti gerobok, bahan-bahan membuat es doger, dll.
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es doger ini adalah es batu, kacang merah, ketan hitam, kelapa muda, tape singkong, gula putih, santan, dan susu. Untuk cara pembuatannya tidaklah rumit yaitu, (1) kacang merah dan ketan hitam dikukus (2) pengambilan daging pada buah kelapa muda lalu dagingnya di serut (3) masak santan, setelah dingin campurkan pada es batu dan kelapa muda yang sudah diserut (4) masak gula putih hingga agak kecoklatan. Untuk penyajiannya yaitu (1) siapkan gelas (2) masukkan ketan merah, ketan hitam, tape singkong, degan (kelapa muda), gula lalu tambahkan es yg sudah bercampur dengan santan dan terakir tambahkan susu.
Untuk penjualannya beliau hanya membuka outlate-nya tepatnya di depan TK Pertiwi kota Metro, mulai pukul 09.00-16.00 WIB, untuk dapat menikmati segelas es doger ini, harganya sangat terjangkau yaitu Rp. 4.000,- Dari usaha ini beliau mendapatkan omset setiap harinya antara Rp.80.000,- sampai Rp. 100.00,- Setiap hari outlate es doger ini selalu ramai oleh pembeli, karena rasanya yang enak dan harga yang bersahabat tidak heran jika es doger ini selalu habis.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply