Chicken & Tahu Special Ati Ampela Al Baik Pak Irfan: Kota Metro

Chicken & Tahu Special Ati Ampela
Chicken merupakan makanan yang berbahan dasar dari daging ayam, pada beberapa dekade ini chicken menjadi salah satu makanan favourit karena rasanya yang enak dan chrispy di bagian luarnya. Sedangkan tahu ati ampela merupakan salah satu makanan dari jenis tahu yang di dalamnya diberi isi, jika biasanya isi berupa sayuran seperti wortel, kol atau bisa pula mie putih namun pada pada tahu ini berisi ati ampela. Kedua usaha ini merupakan milik dari bapak Irfan yang berlokasi di 15 A Kota Metro sejak tahun 2013 yang lalu, awal usaha ini adalah pak Irfan berinisiatif untuk membuat makanan yang berbeda dari yang lain dan belum ada waktu itu hingga tercetuslah ide untuk membuat chicken dan tahu ati ini, dengan modal awal yang dikeluarkan Rp.2.500.000,- yang digunakan untuk membeli keperluan usaha tersebut seperti gerobok, bahan-bahan membuat chicken dan tahu ati ampela, dll.
Untuk chicken bahan-bahan yang digunakan adalah daging ayam, tepung segitiga biru, bawang putih, garam,dan royco. Untuk cara pembuatannya adalah (1) potong bagian-bagian ayam sesuai selera, lalu bersihkan dengan air; (2) haluskan bawang putih dan garam; (3) masukkan tepung dan bumbu ke dalam wadah, kemudian tambahkan air secukupnya, aduk hingga semua bahan tercampur; (5) masukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam adonan terigu, aduk hingga rata; (6) masukkan tepung ke dalam wadah, tambahkan royco dan garam secukupnya, aduk hingga rata tanpa menggunakan air; (7) masukkan ayam ke dalam terigu yang ke 2; (8) lakukan langkah no 4-6 hingga dua kali; (9) goreng pada minyak panas.
Selanjutnya adalah bahan dalam membuat tahu ati ampela adalah tahu kempong, ati ampela ayam, bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, kunyit, garam, gula, royco. Untuk cara pembuatannya adalah (1) masak ampela yang sudah dipotong dadu dengan bumbu seperti diatas; (2) siapkan tahu lalu iris bagian tengah; (3) masukkan ati ampela ke dalamtahu dengan takaran satu sendok makan; (4) siapkan terigu yang sudah diberi bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, royco dan tambahkan air secukupnya; (5) masukkan tahu kedalam adonan tersebut,aduk hingga semua bahan tercampur; (7) goreng ke dalam minyak panas.
Untuk penjualannya beliau hanya membuka outlate miliknya di 15 A Kota Metro pada pukul 16.00-21.00 WIB, untuk chicken harga per bijinya adalah Rp.4000.-sedangkan tahu ati ampela dengan harga Rp.800,- per biji. Dalam setiap bulannya beliau mendapatkan omset sebesar Rp.1.500.000,- dengan usaha yang ditekuninya ini dapat membantu beliau memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply