AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL MASTERY IN THE STUDENTS’ WRITTEN TEST

Oleh: Zubaidah (Aktivis Pendidikan Bahasa Inggris)

Salah satu hal yang penting dalam bahasa Inggris adalah grammar. Pembelajaran grammar dalam bahasa Inggris sangat penting karena di dalam grammar terdapat tata cara menyusun kata dan membuat kalimat. Dengan menguasai grammar, seseorang dapat membuat kalimat dengan baik di dalam tulisan atau kata-katanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami mahasiswa dalam menguasai grammar dalam tes tertulis. Karakteristik penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpul data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dokumentasi dan interview. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 10 mahasiswa. Analisis data dilakukan dalam beberapa langkah yaitu data reduction, data display dan conclusion.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes grammar dalam bentuk tes tertulis, antara lain; sebanyak 100% mahasiwa melakukan kesalahan di dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan tenses, sebanyak 70% mahasiwa melakukan kesalahan di dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan conditional sentence, sebanyak 50% mahasiwa melakukan kesalahan di dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan compound sentence, sebanyak 40% mahasiwa melakukan kesalahan di dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan complex sentence, sebanyak 30% mahasiwa melakukan kesalahan di dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan passive form dan sebanyak 30% mahasiwa melakukan kesalahan di dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan direct indirect.
Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa kesulitan mahasiswa dalam menguasai grammar adalah yang berhubungan dengan tenses dan conditional sentence.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply